Home » » Jus Jambu Biji

Jus Jambu Biji

copot
Jambu biji atau yang juga dikenal sebagai jambu klutuk maupun jambu batu merupakan buah yang berasal dari Negara Brazil. Jambu biji bisa sampai ke Indonesia akibat perdagangan sesame anggota ASEAN khususnya dengan Negara Thailand yang memang terlebih dahulu sudah membudidayakan buah ini sebelumnya.

Jambu biji ini memiliki daging buah berwarna putih dan juga merah yang memiliki kandungan vitamin C cukup banyak bahkan jika dibandingkan dengan jeruk pada umumnya. Jambu biji memiliki cukup banyak varian diantaranya adalah jambu biji kristal Taiwan, jambu pasar minggu, jambu biji getas merah, jambu Australia, jambu sukun, jambu Bangkok dan yang terakhir adalah jambu Kristal.

Jambu biji dapat diperbanyak atau dikembangbiakkan dengan cara menanam kembali biji yang terdapat buahnya,akan tetapi cara ini semakin ditinggalkan banyak orang karena selain memakan waktu yang lama juga menimbulkan rasa yang berbeda dari induknya. Cara yang lebih populer digunakan banyak orang saat ini adalah dengan cara mencangkokkan tanaman tersebut. Selain dimakan buahnya langsung, cara lain untuk menikmati jambu biji ini adalah dengan cara di jus.

Jus jambu biji memiliki tekstur yang unik dengan rasa yang enak dan yang paling terpenting adalah memiliki kandungan vitamin c yang cukup besar. Cara membuat jus jambu biji yang sehat dan dapat menjaga keutuhan gizi dari jambu biji itu sendiri memang harus teliti. Jika kita terlalu lama dalam menjus jambu ini, maka dapat dipastikan gizi yang terdapat dalam jus akan hilang karena panas dari gerakan cinccangan pisau blender.

Cara yang paling aman untuk membuat jus jambu biji adalah dengan menjaga kesegaran dari daging buah jambu biji tersebut. Dalam memotong tiap bagian jambu, pastikan daging jambu tetap utuh dan sesuai dengan seratnya. Hal paling penting dalam membuat jus jambu biji ini adalah dengan menambahkan es batu ke dalam blender yang akan kita gunakan. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa panas akibat irisan putaran pisau selama proses menjus berlangsung.

Manfaat yang didapatkan dari jus jambu biji ini cukup banyak bagi kesehatan kita, diantaranya adalah dapat mengatasi ganggguan pada pencernaan seperti sembelit. Jambu biji sebagai salah satu sumber serta alami makanan dapat menjadi pencahar yang cukup baik. Sifat ini membuat jambu biji cukup ampuh membersihkan usus kita secara baik. Manfaat lain yang didapat adalah jus jambu biji dapat meringankan gejala batuk dan demam.

Jus jambu biji sangat membantu bagi kita yang menderita batuk karena dapat mengurangi frekuensi batuk, mengurangi lendir dan juga menghambat adanya aktivitas mikroba yang menjadi sumber utama dari penyakit batuk itu sendiri. Banyaknya kandungan vitamin c yang terdapat dalam jambu biji juga dipercaya dapat membantu sistem imun tubuh untuk melawan virus yang menjadi sumber dari penyakit demam atau flu.
copot
Comments
0 Comments