Home » » Morfologi Jambu Biji

Morfologi Jambu Biji

copot

Benua Amerika merupakan tempat dimana jambu biji berasal, jambu biji ini banyak tumbuh di daerah tropis diantaranya seperti Mexico, Amerika Serikat dan juga Indonesia. Di Indonesia, jambu biji terkenal dengan banyak sebutan. Ada beberapa orang yang menyebutnya jambu klutuk, jambu prawas dan masih banyak lagi. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai morfologi jambu biji, ada baiknya kita lihat urutan takson jambu air atau Psidium Guajava L:

Morfologi Jambu Biji

Kingdom   : Plantae
Divisi         : Spermatophyta
Subdivisi    : Angiospermae
Kelas         : Dicotyledonae
Ordo         : Myrtales
Famili        : Myrtaceae
Genus        : Psidium
Species      : Psidium guajava Lynn
 
Sampai sekarang ini jambu biji yang mempunyai daging merah sangat terkenal karena mempunyai khasiat untuk mengobati dan juga mencegah demam berdarah, untuk menjaga stamina tubuh, menambah energi serta membersihkan usus. Jambu biji merah ini sangat cocok bila digunakan dalam terapi penyembuhan diabetes mellitus, karena jambu biji mempunyai kandungan kalori dan glukosa yang rendah. Disamping itu jambu biji merah juga dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan, mengatasi sariawan, anti kanker, mencegah konstipasi, melancarkan saluran pencernaan dan membantu membersihkan darah.

Morfologi jambu biji
1. Akar (Radix)
Akar merupakan bagian pokok nomor tiga dalam jambu biji setelah batang dan daun. Sistem dari perakarannya yakni sistem akar tunggang. Untuk akar tunggang yang dimiliki jambu biji adalah jenis akar tunggang bercabang.
2. Batang (caulis)
Tumbuhan biji belah jika dilihat secara umum memiliki batang dengan bagian bawahnya yang lebih besar dan akan semakin mengecil ke ujungnya. Cabang jambu biji mempunyai bentuk berkayu, permukaan licin serta bagian kulit yang mati terlihat mengelupas.
·         Batangnya sendiri tumbuh tegak lurus atau erectus.
·         Mempunyai cabang sirung pendek/ virgula atau virgula sucre scens.
3. Daun (folium)
Bagian ini adalah bagian yang penting karena fungsinya yang digunakan untuk mengambil zat-zat makanan, respirasi dan asimilasi transparansi. Dapat digolongkan untuk daun jambu biji adalah daun yang tergolong tidak lengkap, karena strukturnya sendiri dari tangkai dan helaian saja. Oleh sebab itu sering disebut daun bertangkai.
copot
Comments
0 Comments