Home » » Kandungan Daun Jambu Biji

Kandungan Daun Jambu Biji

copot
Kandungan Daun Jambu Biji
Kandungan daun jambu biji seperti saponin, minyak atsiri, tanin, anti mutagenic, flavonoid, dan alkaloid belakangan ini dijadikan bahan penelitian oleh mahasiswa Universitas Muhamadiyah Yogyakarta untuk digunakan sebagai deodoran alami. Itu karena daun jambu biji yang bersifat anti-bakteri dapat melawan pertumbuhan Staphylococcus Epidermis yang merupakan penyebab bau badan.

Tim riset mahasiswa jurusan pendidikan kimia Hilman Qutdratuddarsi, Hendra Tukantari, Ainur Khafid dan Fariz Rifai menyatakan bahwa dengan ditumbuk saja, kandungan daun jambu biji sudah dapat menghilangkan bau badan apalagi manfaat jambu biji dapat menjaga kesehatan kulit. Ini tentunya merupakan nilai tambah.

"Daun ini cocok jadi deodoran alami, apalagi jika dibuat ekstraknya," kata Hilman saat mempresentasikannya. Penelitian ini berawal dari kebiasaan masyarakat Nusa Tenggara Barat tepatnya di  Desa Jorok, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa Besar. Mereka biasa menggunakan tumbukan daun jambu biji untuk dipakai di ketiak dengan tujuan untuk menghilangkan bau badan.
Jauh-jauh hari dari orang tua, kita diajarkan bahwa kandungan daun jambu biji dapat mengobati diare dan disentri. Astrigent dalam daun jambu biji bersifat alkasi dan mampu membunuh kuman penyebab diare dan disentri. Rebusan beberapa lembar daun jambu biji saja sudah mampu menghentikan diare.

Tidak sampai disitu saja, di Bali masyarakat memanfaatkan kandungan daun jambu biji sebagai obat memar karena kandungan steroid sebagai bahan anti-inflamasi (anti-radang) yang dimilikinya. Meskipun belum ada penelitian yang khusus meneliti tentang manfaat ini tetapi ini merupakan informasi menarik yang layak dicoba.

Kandungan daun jambu biji yang lain yakni anti oksidan, merupakan bahan yang bersifat protektif terhadap sel. Meskipun kemampuannya lebih rendah dari vitamin E tetapi jangan lupa bahwa daun jambu biji memiliki kandungan lain yang bermafaat seperti disebutkan diatas sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam obat dan keperluan.
copot
Comments
0 Comments