Home » » Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Perlemakan Hati

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Perlemakan Hati

copot
Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Perlemakan Hati
Berbagai manfaat jambu biji sudah diulas sebelumnya. Termasuk khasiat daun jambu biji yang memiliki ragam kegunaan seperti menurunkan kadar glukosa pada penderita diabetes dan mencegah infeksi pada luka luar seperti benturan, sayatan maupun luka bakar ringan.

Untuk penyakit kronis seperti diabetes, daun jambu biji segar, ekstrak maupun yang sudah berbentuk teh harus dikonsumsi secara teratur agar benar-benar terasa manfaatnya. Kali ini saya juga ingin membahas tentang manfaat daun jambu biji untuk penyakit kronis lainnya yakni perlemakan hati dan penyakit yang dapat menyertainya.

Apa itu perlemakan hati? Adalah masalah kesehatan yang timbul apabila sel-sel hati menimbun banyak lemak. Sering terjadi pada orang dengan obesitas dengan umur lebih dari 30. Tidak jarang orang dengan perlemakan hati memiliki batu empedu, penurunan fungsi hati, diabetes tipe 2 dan penyakit auto imun.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ming Gao dari Mukogawa Women's University, Jepang. Mengungkap manfaat daun jambu biji untuk mengurangi perlemakan hati. Penelitian yang dipublikasikan pada februari 2012 oleh jurnal Nutrition & Metabolism ini didasari dari meningkatnya sindrom metabolisme karena perubahan diet dan pola makan masyarakat modern.

Studi ini dilakukan pada binatang percobaan tikus yang dibagi menjadi dua yakni kelompok tikus yang diberi ekstrak daun jambu biji dan kelompok kontrol. Hasilnya trigliserid hati pada tikus yang diberi ekstrak daun jambu biji menurun dengan drastis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Secara singkat terjadi perbaikan resistensi insulin karena terjadi perbaikan pada sel-sel hati yang berlemak.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji mungkin memiliki efek pencegahan akumulasi lemak hati dan resistensi insulin di hati diperbaiki dengan meningkatkan sistem beta-oksidasi adiponektin. Daun jambu biji mungkin berpotensi berguna untuk steatosis hepatik tanpa efek samping karena pengobatan jangka panjang", kata Ming Gao.

Satu lagi manfaat daun jambu biji terungkap. Apa pendapat anda? silahkan berkomentar.
copot
Comments
0 Comments