Home » » Manfaat Jambu Biji Merah

Manfaat Jambu Biji Merah

copot
Jambu biji banyak tersebar khususnya di benua Asia dan disebarkan ke Indonesia melalui negara Thailand. Buah jambu biji berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih atau merah dengan rasa asam manis. Jambu biji merah sudah menjadi buah favorit bagi banyak orang namun tidak semua orang mengetahui manfaat jambu biji merah. Banyak sekali kandungan gizi jambu biji merah yang sangat bermanfaat. Buah ini mengandung vitamin A, B kompleks, C, serat dan mineral.

Khasiat dan manfaat jambu biji merah

Hampir semua bagian dari buah ini seperti buah, daun hingga kulit batang pohonnya mengandung tanin kecuali pada bunganya. Pada daun jambu biji terdapat asam ursolat, asam psidiolat, asam oleanolat, asam, kratogolat, asam guajaverin, minyak atsiri dan vitamin. Tiap 100 gram jambu biji merah mengandung kalori 49 kal, vitamin B1 0,02 mg, vitamin A 25 SI, vitamin C 87 mg, hidrat arang 12,2 gram, kalsium 14 mg, fosfor 28 mg, zat besi 1,1 mg, protein 0,9 mg, lemak 0,3 gram, air 86 gram, serat larut 5,4 gram, senyawa flavonoid, zat likopen dan lain sebagainya.

Manfaat jambu biji merah antara lain sebagai pengobatan dan pencegahan penyakit. Buah ini bisa digunakan untuk mencegah kanker. Kalori yang rendah dan lemak mengandung vitamin yang penting, mineral dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berguna untuk mencegah kanker, sebagai anti penuaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah ini juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan karena kaya akan sumber serat larut yang juga baik untuk mengurangi kolesterol jahat dan mempertahankan kadar gula darah agar tetap stabil. Kandungan seratnya bisa membantu membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Jambu biji merah juga bermanfaat sebagai sumber antioksidan. Kandungan vitamin C menyediakan lebih dari 3 kali kebutuhan asupan harian akan vitamin C. Bagian yang paling banyak mengandung vitamin C adalah kulit luarnya.

Manfaat jambu biji merah yang lain adalah sebagai desinfektan dan anti bakteri karena kandungan astrigent yang bersifat alkali. Hal ini bisa membantu penyembuhan diare yang diakibatkan oleh pertumbuhan mikroba. Nutrisi lain yang ada dalam jambu biji merah seperti karotenoid, kalium dan vitamin C bisa memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

Vitamin B pada buah ini sangat berperan penting dalam kesehatan fungsi otak. Vitamin B3 yang ada dalam jambu biji berfungsi untuk merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah. Vitamin B6 merupakan nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.

Vitamin C yang tinggi pada jambu biji bisa membuat tubuh menjadi kuat melawan infeksi, penyebab kanker dan radikal bebas yang berbahaya. Vitamin A dan flavonoid seperti zat likopen, lutein, beta karoten dan cryptoxanthin memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan.
copot
Comments
0 Comments