Home » » Khasiat Jambu Biji untuk Kesehatan

Khasiat Jambu Biji untuk Kesehatan

copot
Psidium guava L atau yang lebih terkenal dengan jambu biji merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai zat gizi yang bisa digunakan sebagai obat. Khasiat jambu biji ini banyak dipengaruhi oleh kandungan gizi pada buahnya bahkan bijinyapun memiliki manfaat tersendiri. Pada jambu biji ini mengandung vitamin C dua kali lipat dari jeruk manis. Vitamin C pada jambu biji terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal dan akan semakin memuncak menjelang buah matang.

Khasiat Jambu Biji
Jambu biji juga mengandung kaya serat khususnya pektin. Pektin bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh kemudian membantu mengeluarkannya. Tanin pada jambu biji bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah serta menyerang virus.

Khasiat jambu biji adalah sebagai obat karena kandungan yang ada di dalamnya. Selain tanin, jambu biji juga mengandung eugenol, damar, triterpinoid, minyak lemak, asam apfel dan zat samak. Biji buah jambu mengandung minyak atsiri, tepung dan protein.

Berbagai khasiat jambu biji antara lain mencegah penyakit kanker. Kandungan likopen dalam jambu biji berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan kanker. Dengan mengkonsumsi likopen yang cukup bisa berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria.

Jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan hipertensi. Mengkonsumsi jambu biji secara rutin bisa menghindari penyakit jantung. Jambu biji ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium bisa dipenuhi oleh jambu biji dengan ukuran sedang.

Astrigen pada tanaman jambu biji adalah salah satu zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Hal ini yang menyebabkan gusi akan terasa lebih keras dan segar sesudah mengunyah buah ini. Daun jambu biji mengandung zat anti bakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada saat terkena disentri. Zat lain yang ada pada jambu biji yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri antara lain karetinoid, vitamin C dan potasium.

Daun jambu biji yang masih mentah banyak dimanfaatkan untuk obat flu dan batuk. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir dan membuat saluran pernafasan terbebas dari infeksi. Kandungan vitamin C dan zat besi pada buah ini sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan sehingga menghambat infeksi karena virus flu.

Khasiat lain dari jambu biji adalah untuk merawat kulit. Astrigent dalam jambu biji akan meningkatkan tektur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Kandungan vitamin A, C dan potasium mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat.

Kandungan serat pada jambu biji sangat efektif untuk mencegah sembelit. Kandungan laksatif pada bijinya yang tergerus saat di blender berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus. Serat yang ada pada jambu biji ini juga membantu untuk menurunkan berat badan. Sebagian orang tidak menyukai jambu biji karena susah untuk dikonsumsi tetapi dengan banyaknya khasiat jambu biji diatas tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kembali untuk menjadikannya buah favorit dan sebagai minuman segar yang menyehatkan.
copot
Comments
0 Comments